Perbedaan Paragraf Deduktif Dan Induktif - Paragraph merupakan susunan dari beberapa kalimat yang terjalin utuh, mengandung makna serta terdapat gagasan utama di dalamnya. Paragraph deduktif dan induktif merupakan salah satu contoh paragraph yang bisa dilihat dari letak gagasan utamanya. Namun apa saja perbedaan paragraf deduktif dan induktif. Mari kita simak ulasan berikut ini. 

Perbedaan Paragraf Deduktif Dan Induktif Yang Perlu Kita Ketahui


Paragraph deduktif merupakan paragraph yang diawali dengan penjelasan permasalahan khusus (biasanya mengandung pembuktian serta contoh-contoh fakta) yang kemudian diakhiri dengan kesimpulan berupa pernyataan umum. Paragraph induktif itu sendiri dikembangkan menjadi beberapa jenis. Pengembangan paragraph induktif tersebut yakni paragraph analogi, paragraph generalisasi, paragraph sebab akibat dan bisa juga akibat sebab. Sedangkan paragraph deduktif merupakan metode berpikir yang menerapkan hal-hal umum terlebih dahulu untuk kemudian seterusnya dihubungkan dalam bagiannya yang khusus.

Perbedaan antara paragrafdeduktif dan induktif terletak pada letak gagasan utamanya. Jika gagasan utama paragraf deduktif berada di awal paragraph maka gagasan utama paragraph. Selain itu kedua paragraph tersebut memiliki ciri-ciri yang menjadi pembeda antara keduanya. Berikut ciri-ciri paragraf deduktif dan induktif.

Ciri paragraph deduktif

Penalaran deduktif merupakan proses penalaran yang bertolak belakang dari beberapa peristiwa yang bersifat umum menuju ke pernyataan khusus. Jika diidentifikasi secara irnci, paragraph berpola deduktif memiliki ciri sebagai berikut :
  1. Letak gagasan utama di awal paragraph
  2. Diawali dengan pernyataan umumyang disusul dengan uraian atau penjelasan khusus
  3. Diakhiri dengan penjelasan
Ciri paragraph induktif

Penalaran induktif merupakan proses penalaran yang bertolak dari beberapa peristiwa yang bersifat khusus menuju pernyataan umum. Jika diidentifikasi secara rinci, paragraph berpola induksi memiliki ciri sebagai berikut :
  1. Gagasan utama yang terletak di akhir paragraph
  2. Diawali dengan uraian atau penjelasan yang bersifat khusus serta diakhiri dengan pernyataan umum
  3. Diakhiri dengan kesimpulan
Demikianlah sedikit ulasan tentang perbedaan paragraf deduktif dan induktif. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu dalam menggunakan paragraph yang sesuai dengan fungsinya . Terima kasih.

1 komentar :

  1. Kalau ciri-ciri paragraph Campuran (Awal dan Akhir)bagaimana pak ?

    BalasHapus

Panduan Berkomentar :
Form komentar dibuka untuk siapa saja termasuk komentar anonim namun kami harapkan untuk berkomentar yang sewajarnya dan gunakan kaidah bahasa.